Header ADS

Warga Pilang Randublatung Rayakan Sedekah Bumi, 15 Gunungan Diarak Keliling Kampung

Foto : Kegiatan sedekah bumi di dusun Bulakan, Desa Pilang, Kecamatan Randublatung, Blora.

BLORA - Pertama kali Dusun Bulakan, Desa Pilang, Kecamatan Randublatung, Kabupaten Blora, pada Jumat (24/5/2024) merayakan sedekah bumi dengan mengarak 15 gunungan hasil bumi serta kreatifitas dan keragaman budaya. Seluruh elemen masyarakat tumpah ruah ikut berpartisipasi.

Dimulai dari rumah kepala Dusun Bulakan Desa Pilang, 15 Gunungan diarak mengelilingi desa dan selanjutnya menuju perempatan dukuh Bulakan, disambut meriah oleh warga yang hadir.

Sampai di perempatan Dusun Bulakan, 15 gunungan diperebutkan. Ratusan warga langsung menyerbu dan rela berdesakan untuk mendapatkan gunungan yang berisi sayuran, jagung, aneka buah buahan serta tumpeng yang berisi nasi uduk dan Ingkung ayam dan berbagai makanan khas desa. Selain rebutan gunungan warga juga berebut bancaan.

Kepala Dusun Bulakan Khoirul Hakim mengatakan kegiatan arak-arakan gunungan ini dalam rangka memeriahkan sedekah bumi.

"Kegiatan arak arakan 15 gunungan dari kepala desa, perangkat desa, RT dan karang taruna yang berisikan hasil bumi dari desa yang nantinya di perebutkan," Ujarnya.

Dengan adanya arak-arakan itu, Khoirul Hakim berharap agar masyarakat diberikan Rizki yang melimpah.

"Semoga dengan adanya tasyakuran sedekah bumi ini, desa kami lebih berkembang, maju dan warga kami dilimpahkan rezekinya. Rezeki yang barokah, gemah Ripah lohjinawi," harapnya.

Sementara salah satu warga setempat, Anis yang ikut berebutan gunungan menuturkan, hasil dari rebutan nantinya dimasak di rumah.

"Tadi dapat sayuran dan buah-buahan, yang sayuran nanti saya masak. Semoga hasil rebutan ini membawa berkah ,"tuturnya sambil melihatkan buah-buahan hasil rebutannya.

Selain acara parade gunungan, berbagai acara digelar dalam sedekah bumi ini ditutup dengan pagelaran ketoprak Wahyu Manunggal.

Laporan : Wawan
Lebih baru Lebih lama
Header ADS
Header ADS
GoogleNewsPJN