Header ADS

Gunungan Hasil Alam Sedekah Bumi Desa Megawon Kudus Tarik Perhatian Warga

Foto : Nampak gunungan hasil alam dihadapan Kades Megawon dan Camat Jati dan peserta lainnya pada acara Sedekah Bumi.

KUDUS - Desa Megawon, desa yang terletak di belahan timur Kota Kudus menggelar hajatan Sedekah Bumi. Tradisi sedekah bumi yang dilaksanakan oleh pemerintah desa dan warga Megawon itu di Selenggarakan di Lapangan Desa  Megawon, Kecamatan Jati, Kabupaten Kudus. Sabtu (8/6/2024).

Diantara rangkaian acara syukuran Sedekah Bumi tersebut dilaksanakan Kirab Budaya (gunungan) berupa buah dan sayur serta kerajinan tangan. Kirab gunungan tersebut kemudian diarak menuju lapangan Megawon.

Warga Megawon dan sekitarnya dari berbagai usia mulai anak anak hingga orang dewasa memadati jalan jalan yang dilalui arak arakan.

Sebanyak 20 peserta mengikuti kirab Sedekah Bumi atau Apitan. Para peserta itu mewakili RT masing masing, dan masing masing peserta menampakkan berbagai  kreasi dan inovasi, mulai  dari gunungan, busana  yang sebagian memanfaatkan barang bekas, seni barongan, hingga miniatur rumah sehat.

Nurrusag, Kades setempat dalam sambutannya mengatakan bahwa pelaksanaan sedekah bumi adalah sebagai wujud syukur kepada Allah swt atas limpahan berkah yang telah di berikan.

"Kita sebagai warga Megawon menghaturkan puji syukur yang sedalam-dalamnya, atas segala yang dilimpahkan pada kita semua," ungkapnya.

Sementa itu camat Jati, Fisa Akbar pada sambutannya, berharap kegiatan kirab budaya Sedekah Bumi dari tahun ke tahun agar terus dilaksanakan.

"Semoga kegiatan ini dari tahun ketahun bisa terus dilaksanakan, mari bersama sama bersatu padu guyup rukun sengkuyung seluruh warga masyarakat untuk menciptakan desa Megawon menjadi sejahtera," harap Fisa Akbar.

Laporan : Faizun
Lebih baru Lebih lama
Header ADS
Header ADS
GoogleNewsPJN