Header ADS

Sedekah Bumi Desa Kedungsari Kudus Persembahkan Pertunjukan Ketoprak

Foto : Pertunjukan seni ketroprak 

KUDUS - Acara syukuran sedekah bumi yang juga disebut Apitan merupakan salah satu tradisi turun temurun yang diwariskan oleh  leluhur desa desa disebagian besar Kabupaten Kudus. Acara sedekah bumi tersebut biasanya dilaksanakan bulan Apit dalam penanggalan Jawa, atau bulan Dzulhijjah pada kalender Hijriah.

Masing masing desa mempunyai cara yang berbeda beda, ada yang melakukannya dengan diawali jiarah ke makam leluhur atau cikal bakal desa setempat, khotmil Qur'an, dan persembahan wayang kulit atau seni  ketoprak, dan juga ada yang langsung mempersembahkan kethoprak, atau wayang kulit, ada juga  sekedar kenduri dan khotmil Qur'an.

Sedang untuk Desa  Kedungsari sendiri juga melaksanakan tradisi syukuran sedekah bumi atau apitan. Acara sedekah bumi itu dilaksanakan di lapangan Desa Kedungsari kecamatan Gebog kabupaten Kudus, Jawa Tengah, pada Kamis, (6/6/2024 ).

Pada tahun ini, Acara sedekah bumi pemerintah desa Kedungsari  mempersembahkan  pertunjukan ketoprak, dengan lakon (tema) Joko Tingkir.

Antusiasme masyarakat Desa Kedungsari cukup tinggi menyambut acara syukuran Sedekah Bumi, tersebut. Hal itu terlihat banyaknya masyarakat desa Kedungsari dan sekitarnya berduyun  duyun hingga memenuhi lapangan Kedungsari untuk menyaksikan Pagelaran Seni  Ketoprak yang dipersembahkan pada acara sedekah bumi.

Pertunjukan seni ketoprak merupakan puncak dari rangkaian acara sedekah bumi, yang yang sebelumnya telah dilaksanakan acara khotmil Qur'an, ziarah dan kenduri selamatan.

Acara pertunjukan ketoprak diawali dengan sambutan Kepala Desa Kedungsari Sutoyo. Pada sambutan pembukaan tersebut Sutoyo mengungkapkan alasan diadakannya sedekah bumi, yakni wujud syukur atas berkah dan karunia Allah yang telah melimpahkan kepada warga desa Kedungsari.

"Dalam acara sedekah bumi ini kita bersukur kepada Allah swt untuk tasyakuran sedekah bumi ini dengan adanya pembangunan pembangunan, diantaranya pembangunan JUT (Jalam Usaha Tani)," ungkapnya.

Laporan : Faizun
Lebih baru Lebih lama
Header ADS
Header ADS
GoogleNewsPJN