Header ADS

Tambang Galian C Diduga Ilegal di Pati Dikeluhkan Warga, Akses Jalan Pati-Jepara Rusak Parah

Foto : Aktifitas tambang galian c 

PATI - Galian C diduga tidak memiliki izin, bebas beroperasi di Desa Payak dukuh Plaosan Kecamatan Cluwak kabupaten Pati Jawa Tengah, aktifitas tersebut menggunakan alat berat jenis Excavator.

Lokasi tersebut sepertinya tidak pernah tersentuh oleh penegak hukum maupun Satpol PP, selama ini diduga banyak dipergunakan untuk proyek-proyek pemerintah dan swasta.

Berdasarkan penelusuran di lokasi penambangan, Kamis (27/06/24) terlihat dump truk bermuatan batu sedang keluar masuk lokasi tambang. Beberapa petani juga tidak jauh dari lokasi tambang menyampaikan kepada awak media. 

"Sebetulnya sangat disayangkan adanya galian memakai alat berat, kami masyarakat kecil harus mengadu ke siapa bingung, karena percuma melapor bisanya hanya melihat seperti saat ini," tuturnya.

Salah satu warga yang enggan menyebutkan namanya saat melintas di jalan menuju galian ditanya awak media  mengatakan, bahwa saat ini sekitar 7 sampe 10 unit mobil dump truk dalam sehari mampu mengangkut batu dari lokasi tersebut.


Salah seorang penggiat di Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang ada di Kabupaten Jepara mengatakan bahwa tambang tersebut sudah beroperasi lama, sempat berhenti namun mulai lagi sekitar satu bulan. Lebih lebih yang sangat disayangkan jalan PU juga menjadi rusak parah akibat adanya dhum truk pengangkut galian batu.

Seorang warga lain menyampaikan bahwa lokasi tambang sebenarnya terbagi dua.

"Sebelah barat ikut Jepara yang ada begonya, dan sebelah timur ikut Pati yang manual," tuturnya.

Dia juga menyampaikan kepada awak media meminta supaya pihak Polres Jepara untuk segera melakukan tindakan hukum.

"APH jangan tutup mata, kalau tidak ditindak berarti itu adalah pembiaran,” ujarnya.

Kepala Desa Damar Wulan Kecamatan Keling Kabupaten Jepara Jawa Tengah, menyampaikan bahwa galian yang di maksud benar adanya diwilayah Damar Wulan, tetapi untuk pajaknya ngikut wilayah Pati, tepatnya Desa Sirahan dan Desa Payak Plaosan kecamatan Cluwak kabupaten Pati Jawa Tengah.

Laporan : Bang Edo
Lebih baru Lebih lama
Header ADS
Header ADS
GoogleNewsPJN