Header ADS

Pasar Rakyat Desa Janggalan Kudus Haul Mbah Jenggolo Diikuti 40 Stand

Foto : Suasana stand pasar rakyat haul Mbah Jenggolo.

KUDUS - Memperingati haul Mbah Jenggolo, Pemerintah desa Janggalan, Kecamatan Kota Kudus, Kabupaten Kudus, mengadakan pasar rakyat. Jumat (26/7/2024).

Pasar rakyat tersebut dikemas dalam event Geldara ( Gelaran dagangan rakyat). Pada gelaran pasar rakyat itu dijajakan berbagai berbagai macam jenis kuliner hingga  pruduk UMKM, mulai jajanan  jadul seperti pecel hotok gorok, hingga makan modern seperti sosis  dan steak, sedang untuk yang  pruduk UMKM didominasi hasil pruduk konfeksi dari desa Janggalan sendiri, seperti hijab, daster, dan busana muslim.

Pasar rakyat dalam memperingati haul Mbah Jenggolo itu berlangsung selama sepekan, yakni mulai hari Jumat sampai hari Minggu. Pembukaannya dilaksanakan pada pada hari Jumat dini hari pukul 02, 30,wib yang dibuka langsung oleh camat kota Kudus, Andreas  Wahyu Adi Setiawan. 

"Peringatan ini adalah bentuk penghormatan pada leluhur-leluhur kita di Desa Janggalan ini, dan ini yang disebut efek ekonomi, jadi ada kegiatan keagamaannya, ada kegiatan tradisi budayanya dan ada unsur kesengajaan ekonomi serta hiburan," kata Anderas.

Hal senada disampaikan Kepala desa Janggalan, menurutnya acara tersebut dalam rangka menghormati haul atau buka luwur  Mbah Jenggolo.

"Insyaallah kami laksanakan selama satu Minggu," kata Kades Janggalan.

Diketahui gelaran pasar rakyat tersebut diikuti sebanyak 40 peserta  atau stand, yang  mayoritas peserta dari warga Desa Janggalan dan sebagian pedagang dari luar desa.

Untuk memeriahkan pembukaan acara  Geldara, dan untuk menambah daya tarik pengunjung, pihak panitia menyajikan live music band , dengan menampilkan grup band OP Internet, yang penampilannya mampu membuat  suasana meriah dan sangat menghibur  para pengunjung.

Laporan : Faizun
Lebih baru Lebih lama
Header ADS
Header ADS
GoogleNewsPJN