Header ADS

Bentuk Penghormatan, TNI AU Resmikan Monumen Kapten Pnb Allan Safitra di Nginggil Blora

Foto : Kegiatan peresmian monumen Kapten Pnb Anumerta Allan Safitra Indera Wahyudi.

BLORA– Sebuah peristiwa  penuh haru dilaksanakan di Desa Nginggil, Kecamatan Kradenan, Kabupaten Blora, ketika TNI Angkatan Udara meresmikan Monumen Almarhum Kapten Pnb Anumerta Allan Safitra Indera Wahyudi. Kegiatan ini dihadiri oleh sejumlah petinggi TNI AU, tokoh masyarakat, dan keluarga almarhum.

Acara tersebut dipimpin oleh Danlanud Iswahjudi, Marsma TNI Firman Dwi Cahyono, M.A. Dalam kesempatan itu, ia memberikan sambutan dengan penuh penghargaan atas pengorbanan almarhum Kapten Pnb Allan Safitra.

Dalam sambutannya, Marsma Firman mengingatkan kembali akan tragedi yang terjadi pada 18 Juli 2022, ketika Kapten Allan gugur dalam tugas, meninggalkan duka mendalam tidak hanya bagi keluarga tetapi juga bagi TNI AU dan masyarakat Indonesia.

“Monumen ini didirikan sebagai penghormatan abadi atas dedikasi almarhum kepada bangsa dan negara. Baktimu akan selalu dikenang oleh TNI AU dan masyarakat Indonesia,” ujar Marsma Firman, dalam sambutannya. Jumat (9/8/2024) pagi.

Kegiatan peresmian monumen diawali dengan pembacaan riwayat hidup almarhum Kapten Pnb Allan Safitra, dilanjutkan doa bersama, dan prosesi penyerahan penghargaan kepada tokoh-tokoh yang berjasa dalam proses evakuasi pada waktu itu, termasuk Camat Kradenan, Bapak Tarkun, dan Kepala Desa Nginggil, Ibu Sri Handayani.

Rangkaian acara kemudian dilanjutkan dengan peletakan karangan bunga, tabur bunga disekitar monumen, dan ditutup dengan doa bersama. 

"Monumen ini diharapkan menjadi pengingat akan jasa-jasa Kapten Allan Safitra dan memberikan inspirasi bagi generasi muda untuk terus mengabdi kepada negara," pesannya.

Setelah peresmian, rombongan pejabat TNI AU melanjutkan kegiatan dengan ramah tamah di Balai Desa Nginggil, sebelum akhirnya menuju Balai Kabupaten Blora untuk bertemu dengan Bupati Blora.

Kegiatan peresmian dan doa bersama berlangsung dengan khidmat dan lancar, meninggalkan kesan mendalam bagi semua yang hadir. 

"Monumen yang diresmikan ini bukan hanya sebagai bukti sejarah, tetapi juga simbol penghormatan atas pengabdian tanpa batas dari seorang putra terbaik bangsa," pungkasnya.

Laporan : Wawan
Lebih baru Lebih lama
Header ADS
Header ADS
GoogleNewsPJN