Header ADS

Mahasiswa KKN UNDIP Penggerak Pelayanan Digital Kelurahan Bligo, Kecamatan Buaran

Foto : Pendampingan Pengoperasian Sistem Digital Pada Admin Kantor Kelurahan

PEKALONGAN - Pesatnya perkembangan teknologi digital telah mendorong transformasi pada berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam ranah pelayanan publik. 

Digitalisasi pelayanan publik didefinisikan sebagai upaya untuk mengintegrasikan penggunaan teknologi digital dalam proses interaksi antara penyedia layanan dan pengguna layanan. Tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan efisiensi, efektivitas, transparansi, dan aksesibilitas layanan bagi masyarakat.

Selain itu, digitalisasi juga berpotensi meningkatkan kualitas layanan dengan pemberian layanan yang lebih personal, responsif, dan sesuai dengan kebutuhan individual warga. Namun, implementasi digitalisasi pelayanan publik tentunya menghadapi sejumlah tantangan, seperti adanya kesenjangan digital dimana masih terdapat sebagian masyarakat yang memiliki akses terbatas terhadap perangkat dan infrastruktur digital, serta isu keamanan dan privasi data yang membutuhkan mekanisme keamanan yang kuat.

Pada Kelurahan Bligo dibutuhkan upaya peningkatan kompetensi sumber daya manusia dalam mengoperasikan sistem digital dan ketersediaan anggaran yang memadai untuk pengadaan infrastruktur dan perangkat teknologi.

Program ini dibuat karena pada Kelurahan Bligo belum menerapkan pelayanan menggunakan sistem digital serta tidak memiliki wadah publikasi melalui media sosial, oleh karena itu, Harmoni Nursandilah Mahasiswa KKN UNDIP 2024 membuat program digitalisasi pelayanan publik secara sederhana dan minim biaya melalui linktree untuk mendorong penggunaan sistem digital pada Kelurahan Bligo sehingga para aparatur terbiasa menggunakan metode sistem digital untuk pelayanan publik serta pembuatan akun media sosial Kelurahan Bligo menggunakan Instagram @kelurahan.bligo sebagai wadah informatif yang dapat diakses dengan mudah oleh masyakarat Kelurahan Bligo.


Gambar : Linktree dan Instagram Kelurahan Bligo

Pada senin (5/08/2024) lalu, Harmoni Nursandilah menyerahkan X-Banner Informasi Pelayanan Digital pada Kantor Kelurahan Bligo dan melakukan pendampingan pada admin Kantor Kelurahan Bligo terkait sistematika pengoperasian sistem pelayanan digital serta pengelolaan media sosisal kelurahan.

Program ini diharapkan dapat menjadi pendorong Kelurahan Bligo untuk aktif dalam menggunakan sistem pelayanan digital sehingga dapat memberikan pengaruh jangka panjang untuk pengembangan sistem digital yang lebih mumpuni pada Kelurahan Bligo dalam menyediakan pelayanan publik.

Editor : Heri
Lebih baru Lebih lama
Header ADS
Header ADS
GoogleNewsPJN