Header ADS

Saka Wanabakti Praktek Persemaian di RPH Banyuurip KPH Randublatung

Foto : Pramuka Saka Wanabakti saat kegiatan praktek persemaian di petak 24f RPH Banyuurip.

BLORA - Perum Perhutani KPH Randublatung, bersama Saka Wanabakti adakan kegiatan Praktek Persemaian di petak 24f  masuk RPH Banyuurip Utara BKPH Temanjang. Minggu (25/08/24).

Hadir pada kesempatan tersebut Asper KBKPH Temanjang, Mashudi, KSS Kompers Junaidi, KRPH Banyuurip Utara  Giman, mandor persemaian Suyono, pamong Supriyono dan Supriyanto, serta adik-adik Saka Wanabakti sekira 25 orang.

Administratur KPH Randublatung Herry Merkusiayanto Putro, melalui Asper BKPH Temanjang Mashudi, dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada para pelajar Pramuka Saka Wanabakti Pangkalan KPH Randublatung, yang sudah berkenan melaksanakan kegiatan praktek di Persemaian pt 24f RPH Banyuurip utara BKPH Temanjang.

"Kami sangat mengapresiasi kegiatan positif yang adik-adik laksanakan pada hari ini dan perlu diketahui bahwa ruh dari tumbuhan/bibit yang ditanam di Perum Perhutani ini ada di persemaian, karena tumbuhan hidup untuk menghasilkan oksigen ini perlu tumbuhan atau bibit yang berkualitas, baik maka perlu dibuat Persemaian sebagai tempat untuk menghasilkan bibit-bibit yang baik yang siap ditanam sehingga pada saat ditanam tidak mudah layu atau mati," jelasnya.

Dijelaskan Mashudi, untuk persemaian, nantinya dibuat perlakuan mulai dari benih ditabur, setelah ditabur di bedengan, over spin dipolibag, penyiraman, pemupukan, membasmi hama jika ada. 

"Saya harap adik-adik bersungguh-sungguh dalam melaksanakan kegiatan praktek ini," ucapnya.  

Selanjutnya, Junaidi, KSS Hukum Kepatuhan Agraria dan komunikasi Perusahaan sebagai sekretaris Pin Saka menambahkan, bahwa kegiatan pada ini merupakan aplikasi dari materi yang sudah adik terima.

"Saya berharap agar dalam kegiatan ini nanti betul-betul diperhatikan dan jika ada yang kurang faham untuk ditanyakan kepada instruktur, sehingga dapat menambah wawasan, bekal dan ilmu pengetahuan yang bermanfaat di masa depan. Tetap semangat untuk menimba ilmu di Saka Wanabakti," tambahnya. 

Sementara itu, Ketua Dewan Saka, Senia menyampaikan ucapkan terima kasih kepada management KPH Randublatung  yang sudah memfasilitasi transportasi, bersama segenap jajaran yang sudah memperkanankan adik-adik untuk melaksanakan praktek di Persemaian ini. 

"Semoga bisa menambah ilmu dan wawasan, keterampilan serta pengalaman baru yang tidak kami dapatkan di sekolah, dalam bidang Persemaian," pungkasnya.

Laporan : Wawan
Lebih baru Lebih lama
Header ADS
Header ADS
GoogleNewsPJN