Header ADS

SDN Lerep 04 Ungaran Barat Adakan Simulasi untuk Optimasi Persiapan ANBK

Foto : Suasana pembelajaran simulasi ANBK SDN Lerep 04.

SEMARANG - Pelaksanaan simulasi ANBK di SDN Lerep 04, Ungaran Barat, Kabupaten Semarang, dilaksanakan selama dua hari. Pada hari pertama, yang jatuh pada Senin, 23 September 2024, siswa mengikuti simulasi kemampuan literasi dan survei karakter di laboratorium TIK yang terdiri dari 3 sesi. Sedangkan pada hari kedua, Selasa, 24 September 2024, siswa akan menjalani simulasi kemampuan numerasi dan survei lingkungan.

Proktor simulasi ANBK, Dewi Ermawati, menjelaskan bahwa “simulasi ini diikuti oleh siswa yang masuk dalam sampel sebanyak 30 siswa, sesuai nama yang dikirim dari Dinas Pendidikan Nasional.” Ia menekankan pentingnya persiapan siswa untuk menghadapi asesmen yang sesungguhnya, sehingga mereka dapat memahami format dan jenis soal yang akan dihadapi.

ANBK merupakan program evaluasi yang diselenggarakan oleh Kemendikbud Ristek untuk SD kelas 5, SMP kelas 8, dan SMA/SMK kelas 11. Program ini mencakup dua kemampuan dasar yaitu literasi dan survei karakter, serta numerasi dan survei lingkungan. Melalui simulasi ini, diharapkan siswa dapat lebih siap dan percaya diri saat mengikuti asesmen yang sebenarnya.

Kepala SDN Lerep 04, Sudiro, menyampaikan harapannya, “Semoga dengan dilaksanakan simulasi ini, anak-anak lebih siap dalam menyelesaikan soal-soal asesmen dengan baik sehingga dapat memperoleh hasil yang sesuai harapan kita bersama sebagai rapor mutu.” Ia juga menambahkan pentingnya dukungan dari orang tua dan guru dalam mempersiapkan siswa menghadapi ujian ini.

Dengan pelaksanaan asesemen yang lancar, diharapkan siswa-siswi SDN Lerep 04 dapat meraih nilai optimal dalam setiap kemampuan yang diuji. Kegiatan ini tidak hanya bertujuan untuk evaluasi akademis, tetapi juga untuk mengembangkan karakter dan sikap positif siswa dalam belajar.

Editor : Heri
Lebih baru Lebih lama
Header ADS
Header ADS
GoogleNewsPJN