Header ADS

Jelang Pilkada 2024, Dandim Pati Berikan Pembekalan Kepada Kades dan Lurah Se Kabupaten Pati

Foto : Dandim Pati Letkol Inf. Jon Young Saragi, saat memberikan pembekalan kepada Kades dan Lurah.

PATI - Menjelang pemilihan kepala daerah (Pilkada) tahun 2024 yang akan digelar tidak lama lagi, Dandim 0718/Pati Letkol Inf Jon Young Saragi, S.Sos memberikan pembekalan kepada Kepala desa dan Lurah se kabupaten Pati. Kamis,(17/10/2024).

Pembekalan yang berlangsung di pendopo kabupaten Pati tersebut bertujuan, mengajak seluruh Kades/Lurah dan semua pihak untuk menjaga kondusifitas di wilayah kabupaten Pati.

Letkol Jon Saragi menyebut, Pilkada tahun 2024 merupakan momen penting bagi keberlangsungan demokrasi di Indonesia, khususnya di daerah.

Menurutnya, menjaga kondusifitas wilayah menjelang Pilkada merupakan salah satu tugas Kodim sebagai bagian dari TNI yang bertugas menjaga stabilitas keamanan nasional dan daerah. "Disinilah peran strategis Kodim dalam memastikan agar situasi keamanan dan ketertiban wilayah tetap terjaga," ujar Dandim.

Terkait kerawanan yang bisa saja terjadi. Pihaknya mengajak kepada seluruh Kades/Lurah dan semua pihak dengan melakukan langkah konkret untuk menciptakan suasana kondusif, aman serta damai di kabupaten Pati.

Langkah konkret tersebut diantaranya adalah meningkatkan komunikasi yang aktif bersama warga membahas isu yang berpotensi menimbulkan konflik serta memanfaatkan Medsos sebagai media penyebaran informasi positif dengan mewadahi diskusi tentang ketertiban di wilayah masing-masing.

Yang tidak kalah penting, sambung Dandim, adalah edukasi kepada masyarakat tentang konflik sosial dan cara mengatasi perselisihan serta pentingnya menjaga keamanan di lingkungan.

Dandim juga mengajak partisipasi aktif masyarakat dengan aktif melaksanakan ronda malam, kegiatan kerja bakti untuk menumbuhkan semangat kebersamaan, serta penanganan isu sosial dengan identifikasi masalah, dan mengedepankan mediasi dalam penyelesaian setiap permasalahan dengan solusi damai.

Ia juga menyorot tentang penegakan hukum yang adil dengan mendorong peran aktif aparat keamanan melaksanakan patroli dan memberikan sanksi tegas bagi yang melanggar. "Perkuat kerjasama antar lembaga dan masyarakat untuk menciptakan suasana kondusif," kata Dandim.

"Kondusifitas di wilayah kabupaten Pati dapat terjaga dengan baik dengan keterlibatan aktif setiap individu dan kelompok dalam menjaga keamanan lingkungan untuk menciptakan suasana damai dan harmonis," sambungnya.

"Sekali lagi saya mengajak, mari kita bersatu demi kebaikan bersama,  menuju masa depan yang lebih baik," pungkas Dandim. (Bdi)
Lebih baru Lebih lama
Header ADS
Header ADS
GoogleNewsPJN