Header ADS

Pastikan Netralitas Polri di Pilkada 2024, Tim Supervisi Divpropam Polri Kunjungi Polda Jateng

Foto : Kegiatan Tim Supervisi Divpropam Polri.

SEMARANG – Tim Supervisi Divisi Profesi dan Pengamanan (Divpropam) Polri yang dipimpin oleh Kombes Pol Rahmat Budi Handoko, mengunjungi Polda Jateng. Kunjungan ini dilakukan untuk memastikan kinerja dan netralitas anggota Polri tetap terjaga menjelang Pilkada Serentak 2024, khususnya di wilayah Jawa Tengah. Kegiatan tersebut juga bertujuan mencegah potensi pelanggaran anggota Polri dalam pelaksanaan Pilkada.

Bertempat di Mapolda Jawa Tengah pada Senin, (7/10), Kombes Pol Rahmat Budi Handoko menekankan bahwa supervisi ini merupakan langkah strategis, bukan hanya kegiatan rutin.

“Supervisi ini tidak hanya menilai kinerja, tetapi juga memastikan bahwa anggota Polri tetap menjunjung tinggi netralitas, terutama dalam Pilkada Serentak 2024,” ungkapnya.

Ia juga menyoroti pentingnya profesionalisme dan tanggung jawab dalam pengamanan Pilkada. Netralitas Polri, menurut Kombes Pol Rahmat, adalah aspek krusial yang harus dijaga agar masyarakat tetap mempercayai Polri sebagai institusi yang berintegritas.

Dalam arahannya, Kombes Pol Rahmat juga menekankan pentingnya penggunaan media sosial yang bijak oleh personel Polri.

“Media sosial adalah alat yang sangat berpengaruh. Jangan sampai tindakan kita di media sosial mencederai citra Polri atau mengganggu netralitas yang harus kita jaga,” tegasnya.

Selain memberikan arahan, Tim Supervisi Divpropam juga melakukan inspeksi langsung ke berbagai fasilitas di Mapolda Jateng. Beberapa di antaranya adalah ruang tahanan, ruang sidang, dan ruang Patsus (Tempat Penahanan Khusus). Inspeksi ini bertujuan untuk memastikan bahwa setiap fasilitas telah memenuhi standar operasional dan keamanan yang ketat.

Setelah kegiatan di Mapolda, Tim Supervisi Divpropam melanjutkan kunjungan ke Markas Polisi Militer Kodam IV Diponegoro. Dalam kunjungan ini, sinergi antara TNI dan Polri kembali ditegaskan untuk menjaga keamanan dan stabilitas selama berlangsungnya Pilkada di Jawa Tengah. Kolaborasi erat antara dua institusi ini diharapkan mampu menciptakan suasana yang aman, tertib, dan damai selama proses pemilihan.

Sebagai bagian dari rangkaian kegiatan, Tim Supervisi juga melakukan bakti sosial dengan membagikan 100 paket bantuan kepada masyarakat kurang mampu, penyandang disabilitas, dan tuna wisma di sekitar Gang Amanda, kawasan Tanjung Emas, Kota Semarang. Kegiatan sosial ini menunjukkan kepedulian Polri terhadap masyarakat, terutama mereka yang membutuhkan bantuan.

Menanggapi kunjungan dan pengawasan yang dilakukan oleh Tim Divpropam, Kabid Humas Polda Jawa Tengah, Kombes Pol Artanto, menyampaikan apresiasinya.

“Kami sangat mendukung langkah Divpropam dalam memastikan kinerja anggota tetap terarah, baik dalam pelayanan publik maupun pengamanan Pilkada 2024,” ujarnya pada Selasa, (8/10).

Kombes Pol Artanto berharap dengan adanya pengawasan ini, anggota Polri di Jawa Tengah semakin disiplin dan berhati-hati dalam menjalankan tugas mereka, terutama dalam menjaga netralitas saat Pilkada berlangsung.

“Pengawasan ini penting agar kita dapat memberikan yang terbaik bagi masyarakat,” pungkasnya.

Laporan : Ipul
Lebih baru Lebih lama
Header ADS
Header ADS
GoogleNewsPJN