Header ADS

Sedekah Bumi di Desa Undaan Lor Kudus Nanggap Wayang Kulit, Lakon Pendowo Tani

Foto : Pertunjukan wayang kulit.

KUDUS - Sedekah bumi di Desa Undaan Lor, Kecamatan Undaan, Kabupaten Kudus, mempersembahkan seni  wayang kulit dengan mengambil lakon ( judul) Pendowo Tani, lakon tersebut mengisahkan tentang Pendawa yang memprakarsai supaya pertanian di negara Amarta bisa maju.

Sedekah bumi yang juga disebut apitan itu sebagai wujud syukur terhadap tuhan yang  maha kuasa atas anugerah dan berkah yang telah dilimpahkan pada warga Undaan Lor.

Disamping itu, dalam upaya mengharap keselamatan segenap Desa Undaan Lor agar terhindar dari bencana alam wabah penyakit, maupun hama pertanian.

Kepala Desa Undaan lor Nurul Qomar pada kesempatan itu mengungkapkan harapannya pada sedekah bumi.

"Sedekah bumi adalah selamatan semua warga yang ada di desa  Undaan Lor, termasuk dari perangkat pemerintahan desanya dan BPDnya, supaya Undaan Lor itu selamat aman dari segala bencana," ujarnya. Jumat (7/6/2024).

Foto : Suasana acara sedekah bumi Desa Undaan Lor, Kec. Undaan, Kab. Kudus.

Pada kesempatan yang sama, Budi Utomo selaku ketua panitia penyelenggara sedekah bumi menuturkan bahwa setiap apitan atau sedekah bumi, memang wayang itu sudah menjadi tradisi leluhur.

"Kita sebagai generasi muda berkewajiban nguri uri (melestarikan) budaya tersebut," pesannya.


Usai pertunjukan Wayang kulit, sore harinya dilaksanakan acara tahlil  untuk mendoakan arwah  para leluhur atau para pendiri desa Undaan Lor.

Laporan : Faizun
Lebih baru Lebih lama
Header ADS
Header ADS
GoogleNewsPJN